Rabu, 16 Desember 2015

Marketing Online (pemasaran online)

Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
Banyak ahli yang telah memberikan definisi atas pemasaran ini. Definisi yang diberikan sering berbeda antara ahli satu dengan yang lainnya. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan para ahli tersebut dalam memandang dan meninjau pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran ini, aktivitas pertukaran merupakan hal sentral.
Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah barang atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai macam kelompok social untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran.

1.         Pengertian Pemasaran Online (marketing online)
Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lain (Kotler, 1997).
Definisi pemasaran ini bersandar pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands).
Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran bia juga diartikan suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual (Swasta, 1996).
Saat ini, perkembangan teknologi internet semakin maju pesat. Kemajuan inipun serta merta dimanfaatkan oleh para marketer, untuk lebih memasarkan produk mereka. Secara garis besar internet marketing adalah melakukan suatu tindakan pemasaran produk atau suatu jasa yang di pasarkan melalui media internet (online). Cuma bedanya kita melakukan kegiatan itu memanfaatkan media internet (online).
Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.
Saat ini, marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing (Kleindl dan Burrow, 2005).
Menurut Boone dan Kurtz (2005) e-marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsapasar internet atau melalui peralatan digital lain. Sedangkan menurut Strauss dan Frost (2001) e-marketing adalah penggunaan data dan aplikasi elektronik untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi, promosi, dan penetapan harga untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.
Definisi sederhana dari internet marketing (biasa disebut juga ‘online marketing’ atau ‘web marketing’), adalah menjual barang atau jasa melalui media internet. Online marketing dilakukan sebagai bagian dari bisnis offline. Orang akan lebih familiar bila produk-produknya terdisplay dan dilengkapi dengan email yang bisa digunakan untuk melakukan pemesanan, sebagaimana halnya fungsi katalog tercetak pada bisnis offline.
Internet marketing juga bisa mewakili perusahaan dalam memasarkan produknya melalui dunia maya. Dengan internet marketing bisa jadi pengusaha tidak perlu menyediakan kantor ataupun tokonya untuk menjual produknya.

2.         Jenis Pemasaran Online
Internet marketing dapat dibagi menjadi beberapa jenis yang lebih khusus seperti web marketing, email marketing dan sosial media marketing :
1). Web Marketing
Web marketing adalah teknik pemasaran menggunakan media website. Ada berbagai macam contoh pemasaran menggunakan media website yang pastinya sering kita temui di internet, seperti salah satu contohnya adalah situs affiliate marketing atau situs yang menawarkan produk orang lain untuk dijual kembali. Ciri khas dari situs affiliate marketing adalah tampilannya yang hanya 1 kolom, hal ini bertujuan untuk membuat pengunjung fokus pada inti artikel tersebut.
2). Email Marketing
Email marketing atau pemasaran melalui media email mungkin tak setenar atau tak sepopuler web marketing, meski demikian bukan berarti email marketing tidak efektif untuk menjaring pelanggan, anggapan tersebut sama sekali tidak benar, karena justru email marketing dinilai oleh para Internet Marketer Profesional sebagai media promosi online terbaik. Pernyataan tersebut tentu bukanlah tanpa alasan, mengingat bahwa email merupakan salah satu media komunikasi online yang sifatnya cukup private, itu artinya pemasaran menggunakan email sangatlah tepat untuk melakukan penawaran secara personal atau bisa dibilang sebagai penawaran ekslusif.
3). Social Media Marketing
Social media merupakan salah satu contoh teknik pemasaran online yang cukup digemari oleh para Internet Marketers saat ini, alasan utamanya tak lain dan tak bukan adalah karena biaya promosi yang murah, bahkan jika semua dikerjakan manual, maka tidak akan ada biaya sama sekali alias gratis (diluar biaya kuota internet). Kekuatan media sosial sebagai media promosi tentu tak bisa diragukan lagi, hal ini dikarenakan jumlah dari pengguna media sosial yang terlampau banyak, membuatnya sebagai tempat paling tepat untuk melakukan promosi online.
3.         Tools Pemasaran Online

Terdapat puluhan atau bahkan ratusan tools untuk mendukung aktifitas internet marketing yang Anda lakukan, namun tak semua tool tersebut bisa Anda gunakan secara gratis, sebagian besar memerlukan biaya yang bisa dibilang tidak murah. Berikut beberapa tools internet marketing gratis yang bisa Anda coba secara cuma-cuma.
1). Web Optimization Tools
Untuk mengoptimalkan kinerja website, Anda bisa menggunakan beberapa tools online gratis dibawah ini.
•           Open Site Explorer : Open Site Explorer (OSE) adalah tools untuk meningkatkan SEO blog Anda.
•           Google Analytic : Sesuai namanya, ini adalah tools buatan Google untuk mengecek aktifitas pengunjung di blog Anda.
•           Google Trends : Untuk mencari tahu apa yang menjadi trend di suatu negara.

2). Email Marketing Tools
Untuk membantu Anda dalam melakukan promosi via email, silahkan gunakan tools marketing online berikut ini.
•           MailChimp : Mengirim ratusan email secara otomatis kepada subcriber kita.
•           HemingWay : Tools marketing online yang akan membantu Anda untuk membuat penawaran yang menarik.

3). Social Management Tools
Memiliki ratusan akun sosial media tentu merepotkan bukan ? untuk itu silahkan coba beberapa tools untuk mengelola akun media sosial Anda.
•           Tweepi : Menyediakan berbagai fitur otomisasi akun Twitter.
•           HootSuite : Tool terbaik untuk melakukan management seluruh akun media Sosial Anda.
•           Bitly : Untuk memendekkan URL dan juga memantau jumlah klik.

Dalam bisnis internet marketing, Anda juga harus mempelajari tentang strategi dalam melakukan internet marketing, karena tanpa strategi maka akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan penjualan.

4.         Strategi Pemasaran Online
Berikut 3 contoh strategi jitu dalam melakukan pemasaran via internet.
1) Membuat Komunitas Online
Buatlah komunitas yang berhubungang dengan produk yang Anda jual, misalnya Anda berjualan baju korea, maka cobalah untuk membuat komunitas K-Lover atau sejenisnya.
2) Melakukan Survei
Dari komunitas tersebut Anda bisa melakukan survei tentang produk / pelayanan apa yang sesungguhnya mereka butuhkan.
3) Melakukan Promosi
Lakukan 'soft selling promotion' atau promosi secara halus, caranya dengan membagikan informasi bermanfaat yang ujung-ujungnya menyarankan pembaca untuk membeli produk Anda.

5.         Lingkungan Pemasaran Online
Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa. Pemasaran Internet ini secara umum meliputi kegiatan jasa digital, produk digital, dan periklanan dengan menggunakan spanduk digital. Periklanan dengan menggunakan spanduk digital seperti promosi melalui:
•           Mesin pencari
•           Surat elektronik
•           Afiliasi
Kegiatan pemasaran Internet yang efektif meliputi banyak strategi dari optimisasi mesin pencari, jejaring sosial, dan iklan berbayar per klik. Dengan beragamnya strategi tersebut maka pembelajaran yang berkelanjutan untuk hal ini sangat penting.
6.         Manfaat pemasaran online
1.         Tidak terbatas dengan waktu karena bisa diakses 24 jam.
2.         Menjagkau pasar yang lebih luas, bahkan sampai ke manca negara.
3.         Mengurangi biaya pemasaran karena tidak perlu membuat outlet secara phisik dan juga tidak perlu brosur, spanduk, dan sebagainya.
4.         Memudahkah pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan konsumen melalui komunikasi interaktif dengan memanfaatkan ruang diskusi chatting atau email
5.         Strategi pemasaran lewat internet bisa memberikan nilai lebih dalam menghadapi persaingan.


Referensi


1 komentar:

  1. Marketing online sangat luas ya, ada social media marketing, ada content digital marketing, dan banyak lagi. tulisan ini sungguh menginspirasiku untuk buat blog tentang belajar marketing online

    BalasHapus