Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian
yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri
menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai
tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung
antara kegiatan produksi dan konsumsi.
Banyak ahli yang telah memberikan definisi atas pemasaran
ini. Definisi yang diberikan sering berbeda antara ahli satu dengan yang
lainnya. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan para ahli tersebut
dalam memandang dan meninjau pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran ini, aktivitas
pertukaran merupakan hal sentral.
Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang
berusaha menawarkan sejumlah barang atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai
macam kelompok social untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan
manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses
pertukaran.
1. Pengertian Pemasaran Online (marketing
online)
Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang
didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan
inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang
bernilai kepada pihak lain (Kotler, 1997).
Definisi pemasaran ini bersandar pada konsep inti yang
meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands).
Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu,
sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan
dengan cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran bia juga
diartikan suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual (Swasta,
1996).
Saat ini, perkembangan teknologi internet semakin maju
pesat. Kemajuan inipun serta merta dimanfaatkan oleh para marketer, untuk lebih
memasarkan produk mereka. Secara garis besar internet marketing adalah
melakukan suatu tindakan pemasaran produk atau suatu jasa yang di pasarkan
melalui media internet (online). Cuma bedanya kita melakukan kegiatan itu
memanfaatkan media internet (online).
Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh
Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan
dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat
diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang
saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.
Saat ini, marketing telah berkembang seiring dengan
perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya
internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet untuk
melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing (Kleindl dan Burrow,
2005).
Menurut Boone dan Kurtz (2005) e-marketing adalah salah
satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni
strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang
dan jasa kepada pangsapasar internet atau melalui peralatan digital lain.
Sedangkan menurut Strauss dan Frost (2001) e-marketing adalah penggunaan data
dan aplikasi elektronik untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi,
promosi, dan penetapan harga untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan
individu dan organisasi.
Definisi sederhana dari internet marketing (biasa disebut
juga ‘online marketing’ atau ‘web marketing’), adalah menjual barang atau jasa
melalui media internet. Online marketing dilakukan sebagai bagian dari bisnis
offline. Orang akan lebih familiar bila produk-produknya terdisplay dan
dilengkapi dengan email yang bisa digunakan untuk melakukan pemesanan,
sebagaimana halnya fungsi katalog tercetak pada bisnis offline.
Internet marketing juga bisa mewakili perusahaan dalam
memasarkan produknya melalui dunia maya. Dengan internet marketing bisa jadi
pengusaha tidak perlu menyediakan kantor ataupun tokonya untuk menjual
produknya.
2. Jenis Pemasaran Online
Internet marketing dapat dibagi menjadi beberapa jenis
yang lebih khusus seperti web marketing, email marketing dan sosial media
marketing :
1). Web Marketing
Web marketing adalah teknik pemasaran menggunakan media
website. Ada berbagai macam contoh pemasaran menggunakan media website yang
pastinya sering kita temui di internet, seperti salah satu contohnya adalah
situs affiliate marketing atau situs yang menawarkan produk orang lain untuk
dijual kembali. Ciri khas dari situs affiliate marketing adalah tampilannya yang
hanya 1 kolom, hal ini bertujuan untuk membuat pengunjung fokus pada inti
artikel tersebut.
2). Email Marketing
Email marketing atau pemasaran melalui media email
mungkin tak setenar atau tak sepopuler web marketing, meski demikian bukan
berarti email marketing tidak efektif untuk menjaring pelanggan, anggapan
tersebut sama sekali tidak benar, karena justru email marketing dinilai oleh
para Internet Marketer Profesional sebagai media promosi online terbaik.
Pernyataan tersebut tentu bukanlah tanpa alasan, mengingat bahwa email
merupakan salah satu media komunikasi online yang sifatnya cukup private, itu
artinya pemasaran menggunakan email sangatlah tepat untuk melakukan penawaran
secara personal atau bisa dibilang sebagai penawaran ekslusif.
3). Social Media Marketing
Social media merupakan salah satu contoh teknik pemasaran
online yang cukup digemari oleh para Internet Marketers saat ini, alasan
utamanya tak lain dan tak bukan adalah karena biaya promosi yang murah, bahkan
jika semua dikerjakan manual, maka tidak akan ada biaya sama sekali alias
gratis (diluar biaya kuota internet). Kekuatan media sosial sebagai media
promosi tentu tak bisa diragukan lagi, hal ini dikarenakan jumlah dari pengguna
media sosial yang terlampau banyak, membuatnya sebagai tempat paling tepat
untuk melakukan promosi online.
3. Tools Pemasaran Online
Terdapat puluhan atau bahkan ratusan tools untuk
mendukung aktifitas internet marketing yang Anda lakukan, namun tak semua tool
tersebut bisa Anda gunakan secara gratis, sebagian besar memerlukan biaya yang
bisa dibilang tidak murah. Berikut beberapa tools internet marketing gratis
yang bisa Anda coba secara cuma-cuma.
1). Web Optimization Tools
Untuk mengoptimalkan kinerja website, Anda bisa
menggunakan beberapa tools online gratis dibawah ini.
• Open
Site Explorer : Open Site Explorer (OSE) adalah tools untuk meningkatkan SEO
blog Anda.
• Google
Analytic : Sesuai namanya, ini adalah tools buatan Google untuk mengecek
aktifitas pengunjung di blog Anda.
• Google
Trends : Untuk mencari tahu apa yang menjadi trend di suatu negara.
2). Email Marketing Tools
Untuk membantu Anda dalam melakukan promosi via email,
silahkan gunakan tools marketing online berikut ini.
• MailChimp
: Mengirim ratusan email secara otomatis kepada subcriber kita.
• HemingWay
: Tools marketing online yang akan membantu Anda untuk membuat penawaran yang
menarik.
3). Social Management Tools
Memiliki ratusan akun sosial media tentu merepotkan bukan
? untuk itu silahkan coba beberapa tools untuk mengelola akun media sosial
Anda.
• Tweepi :
Menyediakan berbagai fitur otomisasi akun Twitter.
• HootSuite
: Tool terbaik untuk melakukan management seluruh akun media Sosial Anda.
• Bitly :
Untuk memendekkan URL dan juga memantau jumlah klik.
Dalam bisnis internet marketing, Anda juga harus
mempelajari tentang strategi dalam melakukan internet marketing, karena tanpa
strategi maka akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan penjualan.
4.
Strategi
Pemasaran Online
Berikut 3 contoh strategi jitu dalam melakukan pemasaran
via internet.
1) Membuat Komunitas Online
Buatlah komunitas yang berhubungang dengan produk yang
Anda jual, misalnya Anda berjualan baju korea, maka cobalah untuk membuat komunitas
K-Lover atau sejenisnya.
2) Melakukan Survei
Dari komunitas tersebut Anda bisa melakukan survei
tentang produk / pelayanan apa yang sesungguhnya mereka butuhkan.
3) Melakukan Promosi
Lakukan 'soft selling promotion' atau promosi secara
halus, caranya dengan membagikan informasi bermanfaat yang ujung-ujungnya
menyarankan pembaca untuk membeli produk Anda.
5.
Lingkungan
Pemasaran Online
Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau
berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan,
pencarian prospek atau pencarian pembeli dan penulisan kalimat-kalimat
pemasaran untuk menjual produk atau jasa. Pemasaran Internet ini secara umum
meliputi kegiatan jasa digital, produk digital, dan periklanan dengan
menggunakan spanduk digital. Periklanan dengan menggunakan spanduk digital
seperti promosi melalui:
• Mesin
pencari
• Surat
elektronik
• Afiliasi
Kegiatan pemasaran Internet yang efektif meliputi banyak
strategi dari optimisasi mesin pencari, jejaring sosial, dan iklan berbayar per
klik. Dengan beragamnya strategi tersebut maka pembelajaran yang berkelanjutan
untuk hal ini sangat penting.
6.
Manfaat
pemasaran online
1. Tidak
terbatas dengan waktu karena bisa diakses 24 jam.
2. Menjagkau
pasar yang lebih luas, bahkan sampai ke manca negara.
3. Mengurangi
biaya pemasaran karena tidak perlu membuat outlet secara phisik dan juga tidak
perlu brosur, spanduk, dan sebagainya.
4. Memudahkah
pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan konsumen melalui komunikasi
interaktif dengan memanfaatkan ruang diskusi chatting atau email
5. Strategi
pemasaran lewat internet bisa memberikan nilai lebih dalam menghadapi
persaingan.
Referensi
Marketing online sangat luas ya, ada social media marketing, ada content digital marketing, dan banyak lagi. tulisan ini sungguh menginspirasiku untuk buat blog tentang belajar marketing online
BalasHapus