1. Pengertian Media Sosial
Media sosial adalah
sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi,
berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan
dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial
yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain
mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi
sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah
komunikasi menjadi dialog interaktif.
Andreas Kaplan dan
Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi
berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 ,
dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.
Jejaring sosial
merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian
terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi.
Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media
tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial
menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk
berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi
komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
Saat teknologi
internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan
pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan
dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone.
Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya
fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju,
tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak
menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.
Pesatnya perkembangan
media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri.
Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran
dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya
dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan social
media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa
biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita
sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit, menambahkan,
memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content
lainnya.
Media sosial mempunyai ciri-ciri, yaitu sebagai berikut :
§
Pesan yang di sampaikan tidak hanya
untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan
melalui SMS ataupun internet
§
Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa
harus melalui suatu Gatekeeper
§
Pesan yang di sampaikan cenderung lebih
cepat di banding media lainnya
§
Penerima pesan yang menentukan waktu
interaksi
2. Berbagai Jenis Media Sosial
Sampai saat ini, keberadaan Media Sosial selalu menarik perhatian para penggua internet lainya. Entah itu digunakan sebagai hobi, media promosi, bisnis online, forum, berita, jejaring sosial, dan lain-lain. Berikut adalah berbagai jenis media sosial yang sering kita jumpai, diantaranya:
a. Website / Media Blog
Para pengguna website / media blog dapat mengubah, menambah, ataupun menghapus konten-konten yang ada di website ataupun blog tersebut. Selain itu, website / blog bisa digunakan sebagai media promosi, berbagi informasi, berita, bisnis, dan lain sebagainya. Contohnya ZonaLuas.
Sampai saat ini, keberadaan Media Sosial selalu menarik perhatian para penggua internet lainya. Entah itu digunakan sebagai hobi, media promosi, bisnis online, forum, berita, jejaring sosial, dan lain-lain. Berikut adalah berbagai jenis media sosial yang sering kita jumpai, diantaranya:
a. Website / Media Blog
Para pengguna website / media blog dapat mengubah, menambah, ataupun menghapus konten-konten yang ada di website ataupun blog tersebut. Selain itu, website / blog bisa digunakan sebagai media promosi, berbagi informasi, berita, bisnis, dan lain sebagainya. Contohnya ZonaLuas.
b. Konten
Para user dari pengguna website ini saling berbagi konten-konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain-lain. Contohnya YouTube.
c. Situs Jejaring Sosial
Aplikasi yang mengizinkan para penggunanya untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain dari seluruh penjuru dunia. Banyak hal menarik yang bisa kita temukan dan bisa kita lakukan melalui jejaring sosial tersebut, seperti berbagi foto, status, berkomentar, dan lain-lain. Contoh seperti facebook,Twitter, dan sebagainya.
d. Virtual Game World
Dunia virtual yang dapat mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. Contohnya game online.
e. Virtual Social World
Dunia virtual yang dapat membawa para penggunanya merasa hidup di dunia virtual. Sama seperti virtual game world, disini kita bisa berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas dan lebih ke arah kehidupan. Contohnya Second Life.
Para user dari pengguna website ini saling berbagi konten-konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain-lain. Contohnya YouTube.
c. Situs Jejaring Sosial
Aplikasi yang mengizinkan para penggunanya untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain dari seluruh penjuru dunia. Banyak hal menarik yang bisa kita temukan dan bisa kita lakukan melalui jejaring sosial tersebut, seperti berbagi foto, status, berkomentar, dan lain-lain. Contoh seperti facebook,Twitter, dan sebagainya.
d. Virtual Game World
Dunia virtual yang dapat mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. Contohnya game online.
e. Virtual Social World
Dunia virtual yang dapat membawa para penggunanya merasa hidup di dunia virtual. Sama seperti virtual game world, disini kita bisa berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas dan lebih ke arah kehidupan. Contohnya Second Life.
3. Karakteristik media Sosial
Gamble, Teri, dan Michael dalam Communication
Works sebagaimana dikutip Wikipedia menyebutkan, media sosial
mempunyai ciri - ciri sebagai berikut :
1.
Pesan yang di sampaikan tidak hanya
untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan
melalui SMS ataupun internet
2.
Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa
harus melalui suatu Gatekeeper
3.
Pesan yang di sampaikan cenderung lebih
cepat di banding media lainnya
4.
Penerima pesan yang menentukan waktu
interaksi
4. Pertumbuhan
Media Sosial
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa
memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi,
radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak,
maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses
menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat
sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa
karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan,
memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai modelcontent lainnya.
5.
Peran dan Fungsi Media Sosial
Media sosial merupakan
alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga
jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat
diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara
terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media sosial sperti blog,
facebook, twitter, dab youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan
lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur
dan selebaran.
Media sosial memiliki kelebihan
dibandingkan dengan media konvensional, antara lain :
§
Kesederhanaan
Dalam sebuah produksi media konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat
tinggi dan keterampilan marketing yang unggul. Sedangkan media sosial sangat
mudah digunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang
dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.
§
Membangun Hubungan
Sosial media menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi
dengan pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah
feedback langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat.
Tidak dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media
tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.
§
Jangkauan Global
Media tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan
biaya sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat
mengkomunikasikan informasi dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis.
Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten anda untuk setiap
segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih
banyak pengguna.
§
Terukur
Dengan sistemtracking yang mudah, pengiriman pesan dapat terukur, sehingga
perusahaan langsung dapat mengetahui efektifitas promosi. Tidak demikian dengan
media konvensional yang membutuhkan waktu yang lama.
Fungsi Media Sosial
Ketika kita mendefinisikan media sosial sebagai sistem komunikasi maka kita
harus mendefinisikan fungsi-fungsi terkait dengan sistem komunikasi, yaitu :
§
Administrasi
Pengorganisasian proofil karyawan perusahaan dalam jaringan sosial yang
relevan dan relatif dimana posisi pasar anda sekarang. Pembentukan pelatihan
kebijakan media sosial, dan pendidikan untuk semua karyawan pada penggunaan
media sosial. Pembentukan sebuah blog organisasi dan integrasi konten
dalam masyarakat yang relevan. Riset pasatr untuk menemukan dimana pasar anda.
§
Mendengarkan dan Belajar
Pembuatan sistem pemantauan untuk mendengar apa yang pasar anda inginkan,
apa yang relevan dengan mereka.
§
Berpikir dan Perencanaan
Dengan melihat tahap 1 dan 2, bagaiman anda akan tetap didepan pasar dan
begaiman anda berkomunikasi ke pasar. Bagaiman teknologi sosial meningkatkan
efisiensi operasional hubungan pasar.
§
Pengukuran
Menetapkan langkah-langkah efektif sangat penting
untuk mengukur apakah metode yang digunakan, isi dibuat dan alat yang
anda gunakan efektif dalam meningkatkan posisi dan hubungan pasar anda.
https://ptkomunikasi.wordpress.com/2012/06/11/pengertian-media-sosial-peran-serta-fungsinya/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar